Minggu, 30 Oktober 2011

Setting Port Forwarding Modem ADSL


Setting port forwarding pada modem ADSL berguna ketika Anda ingin membuat web hosting, remote computer via internet, game online host, dan lain-lain.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah Anda harus mempunyai IP Public alias IP Statis (IP Tetap/Tidak berubah-ubah) dari ISP Anda. Untuk mengetahui apakah kita mempunyai IP Static atau tidak ialah dengan cara menyambungkan kita ke internet lalu cek IP Public Anda melalui website http://www.ipgue.com/ lalu catat IP yang muncul pada website tersebut. Setelah itu putuskan koneksi Anda dari internet, lalu sambungkan lagi dan coba cek kembali dengan cara yang sama diatas. Jika hasilnya sama maka IP Anda merupakan IP Statis. Jika tidak sama maka IP Anda merupakan IP Dinamis alias tidak tetap/selalu berubah-ubah.



Jika IP Anda statis, maka dapat melanjutkanNya dengan setting modem ADSL. Yaitu dengan panduan dari sini lalu cari model modem yang sesuai dengan milik Anda, jika model modem Anda tidak ada dalam daftar disana, maka pilih model lain dalam satu product/merek, biasanya tidak jauh berbeda. Setelah itu ikuti petunjuk dan langkah-langkahNya... ^_^

Untuk memastikan port telah terbuka dengan benar, maka Anda dapat mengecekNya dengan cara menginstall aplikasi "Port Checker" yang bisa didapatkan disini. Untuk cara installasiNya bisa dilihat disini.

Tidak ada komentar: