Minggu, 30 Oktober 2011

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang Windows 32-bit dan 64-bit


> Apa perbedaan antara 32-bit dan versi 64-bit Windows?

Istilah 32-bit dan 64-bit mengacu pada cara prosesor komputer (CPU) menangani informasi. Versi 64-bit Windows menangani sejumlah besar random access memory (RAM) lebih efektif daripada sistem 32-bit.

> Bagaimana saya bisa tahu komputer saya sekarang menjalankan Windows 32-bit atau versi 64-bit?

Untuk mengetahui apakah komputer Anda menjalankan 32-bit atau versi 64-bit Windows pada Windows 7 atau Windows Vista, lakukan hal berikut :

1. Buka System dengan mengklik tombol Start, klik kanan Computer, kemudian klik Properties.

2. Di bawah System, Anda dapat melihat jenis sistem komputer Anda.

Jika komputer Anda yang berjalan adalah Windows XP, lakukan hal berikut :



1. Klik Start.

2. Klik kanan My Computer, kemudian klik Properties.

- Jika Anda tidak melihat "x64 Edition", maka Anda menjalankan versi 32-bit Windows XP.

- Jika "x64 Edition" yang terlihat di bawah System, maka Anda menjalankan versi 64-bit Windows XP.

> Manakah versi dari Windows 7 yang harus saya install? versi 32-bit atau versi 64-bit?

Untuk menginstal versi 64-bit Windows 7, Anda membutuhkan processor CPU yang mampu menjalankan versi 64-bit. Manfaat dari menggunakan sistem operasi 64-bit yang paling jelas bila Anda memiliki jumlah random access memory (RAM) yang besar pada komputer Anda, biasanya 4 GB RAM atau lebih. Dalam beberapa kasus, sistem operasi 64-bit dapat menangani jumlah memori yang besar lebih efisien daripada sistem operasi 32-bit, sistem 64-bit bisa lebih responsif saat menjalankan beberapa program pada saat yang sama dan mudah untuk saling bertukar di antar program.

> Bagaimana saya tahu jika komputer saya bisa menjalankan versi 64-bit Windows?

Untuk menjalankan Windows versi 64-bit, komputer Anda harus memiliki kemampuan prosesor 64-bit. Untuk mengetahui apakah prosesor Anda adalah 64-bit Windows 7 atau Windows Vista, lakukan hal berikut ini :

1. Buka Performance Information and Tools dengan mengklik tombol Start, dan kemudian klik Control Panel. Pada kotak pencarian, ketik Performance Information and Tools kemudian, dalam daftar hasil, klik Performance Information and Tools.

2. Lakukan salah satu dari berikut :

- Pada Windows 7, klik View and print detailed performance and system information.

- Pada Windows Vista, klik View and print details.

3. Pada bagian System, Anda dapat melihat jenis sistem operasi saat ini. Anda menjalankan sesuai dengan System type dan apakah atau tidak Anda dapat menjalankan versi 64-bit Windows di dalam 64-bit. (Jika komputer anda sudah menjalankan versi 64-bit Windows, Anda tidak akan melihat daftar mampu 64-bit).

Untuk melihat apakah komputer yang menjalankan Windows XP mampu menjalankan versi 64-bit Windows, lakukan hal berikut :

1. Klik start.

2. Klik kanan My Computer, kemudian klik Properties.

- Jika "x64 Edition" terdaftar di bawah System, maka prosesor Anda mampu menjalankan versi 64-bit Windows.

- Jika Anda tidak melihat "x64 Edition" terdaftar, maka prosesor Anda mungkin masih mampu menjalankan versi 64-bit Windows.

> Dapatkah saya melakukan upgrade dari versi 32-bit Windows ke versi 64-bit Windows 7 atau dari versi 64-bit Windows 7 ke versi 32-bit Windows?

Tidak bisa, Anda dapat menggunakan opsi Upgrade selama instalasi Windows 7, untuk melindungi file Anda, pengaturan dan program, hanya saja jika Anda sedang menjalankan versi 32-bit Windows Vista maka Anda hanya bisa meng-upgrade ke versi 32-bit Windows 7. Demikian pula, jika Anda menjalankan versi 64-bit Windows Vista, Anda hanya dapat melakukan upgrade ke versi 64-bit Windows 7. Jika Anda ingin pindah dari versi 32-bit Windows ke versi 64-bit Windows 7 atau sebaliknya, Anda harus membuat cadangan file dan pilih opsi Custom selama instalasi Windows 7. Kemudian, Anda akan perlu mengembalikan file dan instal ulang program-program anda.

> Dapatkah saya menjalankan program 32-bit pada komputer 64-bit?

Kebanyakan program didesain untuk versi 32-bit Windows akan bekerja juga pada versi 64-bit Windows. Tidak terkecuali program antivirus. Device driver yang dirancang untuk versi 32-bit Windows tidak bekerja pada komputer yang menjalankan versi 64-bit Windows. Jika Anda mencoba untuk menginstal sebuah printer atau perangkat lain yang hanya memiliki 32-bit driver yang tersedia, itu tidak akan bekerja dengan benar pada versi 64-bit Windows.

> Dapatkah saya menjalankan program 64-bit pada komputer 32-bit?

Jika program ini dirancang khusus untuk versi 64-bit Windows, maka tidak akan bekerja pada versi 32-bit Windows. (Namun, sebagian besar program yang dirancang untuk versi 32-bit Windows dapat melakukan pekerjaan pada versi 64-bit Windows). Device driver dirancang untuk versi 64-bit Windows tidak bekerja pada komputer yang menjalankan versi 32-bit Windows.

> Bagaimana saya dapat menemukan program-program dan perangkat yang bekerja dengan versi 64-bit Windows 7?

Untuk menemukan program-program dan perangkat yang bekerja dengan Windows 7, carilah produk yang menampilkan logo "Compatible with Windows 7". Artinya, Mereka sudah diuji agar kompatibel dengan baik 32-bit dan versi 64-bit Windows 7.

> Jika saya menjalankan versi 64-bit Windows, apakah saya perlu driver 64-bit untuk perangkat saya?

Ya, semua perangkat keras yang membutuhkan driver 64-bit hanya dapat bekerja pada versi 64-bit Windows. Driver dirancang untuk versi 32-bit Windows bisa saja bekerja dan bisa juga tidak bekerja pada komputer yang menjalankan versi 64-bit Windows.

Tidak ada komentar: