Kamis, 09 Februari 2012

Merubah Memory External Menjadi Internal Pada Samsung Galaxy Mini GT-S5570

Seringkali terjadi "Low Capacity" pada Android-ku yang menyebabkan aplikasi yang terinstall menjadi terbatas, hal itu sudah tidak menjadi masalah sekarang, karena sudah ada cara untuk "Merubah Memory External Menjadi Internal Pada Samsung Galaxy Mini GT-S5570". Oke langsung saja mulai tutorialNya.

Alat:
  1. Samsung Galaxy Mini GT-S5570 + Micro SD.
  2. Kabel data (digunakan untuk menyambungkan antara gadget dengan pc/laptop).
  3. Card reader (digunakan untuk mempartisi Micro SD).

Driver:
Driver digunakan untuk mengenalkan gadget kita dengan komputer/laptop yang akan digunakan untuk upgrade. Bisa di download pada website resmi Samsung yaitu http://www.samsung.com. Khusus untuk pengguna Galaxy Mini bisa langsung masuk saja disini (perhatikan pada tab Pusat Download klik Software lalu klik icon untuk memulai download). Nama aplikasinya adalah Kies.

Aplikasi:
  1. MiniTool Partition Wizard Home Edition bisa di download secara gratis pada website resminya http://www.partitionwizard.com/download.html atau Cermin. Digunakan untuk mempartisi Memory External (Micro SD) pada gadget.
  2. Odin Multi Downloader v4.38 bisa di download disini atau Cermin. Digunakan untuk melakukan flashing/upgrade versi Android dari gadget khusus Samsung. Dalam kasus ini Odin Multi Downloader harus versi 4.38 bisa digunakan untuk Samsung Galaxy Mini GT-S5570, Samsung Galaxy Fit GT-S5670, Samsung Galaxy Suit GT-S5670 dan Samsung Galaxy Ace GT-S5830. Jadi, jika link download diatas mati, maka harus mencari versi Odin 4.38 di internet.
File Utama:
  1. ClockWorkMod (CWM) bisa di unduh disini atau Cermin.
  2. UnGaze (File Untuk Merubah External Menjadi Internal) bisa di unduh disini atau Cermin. Masukkan pada Memory External dibagian paling depan. (Supaya tidak bingung untuk mencari fileNya).

File Lainnya: 
  • TASS.OPS bisa di download disini atau Cermin. Digunakan saat melakukan upgrade pada gadget.
 
Langkah-langkah yang harus dilakukan:
  1. Format ulang memory external (Micro SD) dengan menggunakan aplikasi MiniTool Partition Wizard Home Edition. Lakukan partisi dengan komposisi sebagai berikut: 70% FAT/FAT32, 25% EXT2 dan 5% SWAP. Harus sesuai dengan urutan diatas dan gunakan card reader untuk melakukannya. FAT/FAT32 merupakan partisi utama dari memory external yang akan terbaca oleh card reader jika dibuka pada komputer, jadi partisi inilah yang digunakan untuk mengisi lagu, film, game, dll. EXT2 merupakan partisi yang akan digunakan sebagai tempat untuk memindahkan aplikasi yang terinstall pada gadget dengan menggunakan aplikasi pada Android yaitu, a2sd (app to sd card) {cari di market}. SWAP merupakan partisi yang berfungsi sebagai tempat pembantu penyimpanan sementara perintah-perintah yang akan di proses oleh processor dari gadget (kalo pada PC fungsinya sama seperti RAM) {partisi ini digunakan apabila membuka banyak aplikasi-aplikasi berat secara bersamaan (multi-tasking)}. Lihat "Catatan" dibawah untuk lebih jelasNya.
  2. Setelah melakukan format memory external, baca terlebih dahulu catatan dibawah. Setelah itu matikan gadget.
  3. Jalankan aplikasi Odin Multi Downloader v4.38. Akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
  4. Nyalakan gadget pada "Downloading Mode" dengan cara menekan tombol VOLUME BAWAH, tombol OK dan tombol POWER secara bersamaan. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:
  5. Setelah gadget masuk dalam Downloading Mode, maka sambungkan gadget pada PC/Laptop yang digunakan untuk melakukan upgrade dengan menggunakan kabel data. Dan tunggu beberapa saat sampai driver pada PC/Laptop terinstall sempurna.
  6. Setelah semua driver terdeteksi dengan sempurna, maka COM port akan muncul dengan latar warna kuning. Seperti pada gambar dibawah ini:
  7. Masukkan file "*.OPS" pada kolom OPS {tengah}. Centang One Package {tengah kiri}, lalu pada kolom One Package {tengah bawah} masukkan file "tass-recovery-cwm.tar". Dan pastikan One Package, Auto Reboot dan Protect OPS. Seperti gambar dibawah ini:
  8. Lalu klik tombol Start untuk memulai proses Upgrading/Flashing gadget. Tunggu sampai aplikasi Odin Multi Downloader menyatakan PASS dengan latar warna biru. Seperti gambar dibawah ini:
  9. Selamat, Anda telah berhasil melakukan menginstall CWM. Selanjutnya adalah menginstall UnGaze. Pertama-tama masuk "Recovery Mode" terlebih dahulu  yaitu dengan cara menekan tombol OK dan tombol POWER secara bersamaan. Setelah masuk Recvery Mode, langsung pilih menu "mounts and storage" dengan cara menekan tombol OK, setelah itu ubah menjadi unmount pada /cache, /data, /system, /sd-ext. Untuk /sdcard biarkan saja tersetting mount.Lalu tekan tombol Back pada Gadget-mu untuk kembali pada menu sebelumnya. Lalu pilih menu "install zip from sdcard" --> "choose zip from sdcard" lalu pilih file UnGaze yang tadi sudah dimasukkan kedalam memory external, tekan tombol OK lalu Yes - Install Ungaze untuk mulai menginstall Ungaze, tunggu sampai proses installasi selesai dan klik tombol Back untuk kembali dan pilih "reboot system now" untuk menghidupkan ulang gadgeet Anda.
  10. Selamat memory external telah menjadi memory internal pada gadget Anda.

Catatan:
  1. Dalam melakukan format external memory, pertama klik kanan pada partisi Micro SD lalu Delete, klik kanan lagi lalu pilih Create, disana akan muncul 6 pilihan yaitu: Partition Label, Create As, File System, Driver Letter, Cluster Size dan Size And Location. Pada pilihan Partition Label isi SEMBARANG untuk semuanya, pada Create As pilih Primary untuk FAT/FAT32 & EXT2 sadangkan untuk SWAP pilih Logical, pada pilihan File System pilih FAT/FAT32/EXT2/SWAP, pada Driver Letter biarkan saja (jangan dirubah) dan pada pilihan Cluster Size pilih Default untuk semua. Klik Apply yang ada pada pojok kanan atas jika sudah selesai dipartisi semuanya.
  2. Dalam proses merubah memory external menjadi internal, disini partisi yang akan digunakan sebagai memory internal adalah partisi dengan format EXT2. Kenapa tidak menggunakan EXT3 atau EXT4? BukanNya lebih baik? Tidak, karena EXT3 dan EXT4 lebih efektif jika digunakan untuk memory dengan kapasitas besar.
  3. Batas maksimal memory external yang bisa digunakan sebagai memory internal adalah 1,25 GB, jadi jika lebih, maka akan tetap terbaca 1,25 GB.
  4. Pada partisi pertama, gunakan File System FAT jika memory external kalian hanya memiliki kapasitas kurang dari 4GB setelah dijadikan 80%. Jika lebih maka bisa menggunakan FAT32.
  5. Pada tutorial ini merupakan upgrade total, mulai file-file yang ada pada gadget dan Micro SD akan terformat dan terhapus bersih semua. Jadi, amankan terlebih dahulu arsip-arsip penting dari gadget dan Micro SD.
  6. Pastikan gadget sudah tercharge minimal 50%, buat jaga-jaga saja. Karena, perlu beberapa menit untuk melakukan flashing gadget.
  7. Jangan pernah melepas kabel data saat proses upgrading/flashing pada gadget sampai ada tanda PASS dengan latar biru, karena bisa merusak gadget.
  8. Pada tutorial ini saya menyebut "gadget" sebagai kata sebut untuk Samsung Galaxy Mini GT-S5570.
  9. Garansi resmi dari Samsung akan hilang.
Sumber:
  1. XDA-Developer
  2. Official Lil'G

2 komentar:

Unknown mengatakan...

gan galmin ane pke memory 8Gb, tuh bgusx d partisi pke format ext3 atau ext4 y? mohon pencerahanx gan

ari@droitz mengatakan...

nice info gan, klo misal sd card di lepas dr hh aneh,trus di pasang lg berarti hrs upgrade lg dong gan...!